Saya baru tau, ternyata sekarang ada cara instant dan cepat mengurus perpanjangan SIM, mungkin info ini bisa berguna buat penduduk Surabaya yang berniat melakukan perpanjangan SIM

Lokasinyah :

SIM Corner, lantai LG Tunjungan Plaza 1 sebelahnya bank BCA.

Syaratnyah :

1. KTP dan SIM asli dan fotocopy masing-masing 1 lembar

2. SIM yang akan diperpanjang masa berlakunya masih 1 bulan lagi ataw sudah tidak berlaku tapi gak lebih dari 2 bulan sejak kadaluarsa. Klo lebih dari 2 bulan harus ngurus di Colombo yang mana malesss bgt antrinyah….

3. Tidak untuk mengurus SIM baru, klo SIM baru ya maap….karena harus di Colombo.

Yang perlu dibawa :

1. KTP dan SIM asli dan fotocopy masing-masing 1 lembar

2. Senyum manis bwt foto

3. Ballpoint

4. Sim Lama

Biaya :

Masing-masing Rp90.000 untuk sim A dan C untuk jenis SIM yang lain saya kurang tau ya…

Jam Buka :

Sesuai dengan operasional Tunjungan Plaza…..klo ga salah jm 10.00 s/d 21.00

Caranyah:

1. Membeli formulir di konter informasi sambil menunjukkan KTP dan SIM asli serta menyerahkan fotocopyannya dan membayar biaya formulir (durasi waktu:3-5 menit)

2. Mengisi formulir di meja2 tmpt mengisi fomulir (durasi waktu 5 menit, klo cuma ngurus 1 SIM aja mungkin lebih cepet, tp bisa juga lebih lama kalo nulisnya pake ukiran ato ama rugos hehehe). Sebenarnya disana disediakan ballpoint, tapi jaga2 aja klo pas lagi antri banget n ballpoint nya pada dipake semua kan qt bisa menghemat waktu klo bawa ballpoint sendiri)

3. Mengembalikan formulir yang sudah di isi di konter pengembalian formulir (di sebelah konter informasi tmpt beli formulir tadi). waktu durasi 1 menit

4. Nunggu dipanggil bwt foto….nah sambil nunggu sempetin nyisir rambut, bedakan dan ritual lain yang bisa mempercantik or mempertampan diri hehehe… (waktu durasi: 5 menit ato tergantung antrian…karena pada saat itu SIM corener lagi sepi jadi saya ga perlu antri lama2)

5. Setelah nama dipanggil, masuk ke ruang foto, Cetak Sidik Jempol ma Tanda Tangan dan Foto de….(durasi waktu: 5menit)

6. Menunggu lagi di ruang tunggu untuk mengambil SIM yang baru….(durasi waktu:5 menit, ato tergantung antrian)

7. Setelah nama dipanggil, barter antara SIM lama dengan SIM baru, SIM baru bwt qt SIM lama bwt petugas kepolisian nya….(durasi waktu:2 menit)

8. VOILA…..you have your new driving license)

Total durasi waktu :29 menit…*ini dengan asumsi tidak ada antrian yang signifikan yah….