2nd day ……
Hoaaammm….seger bgt rasanya pas bangun pagi. Awalnya rencana hari ini adalah qt maw meyusuri toba n menengok ada apa di samosir, tp karena satu dan lain hal rencana itu di pending dan berganti dengan rencana lain. Tujuan qt hari ini adalah jalan ke daerah pangaribuan yang berjarak kira-kira 80 km dari parapat untuk mengunjungi sanak sodara dari temen satu tim. Abis mandi, sarapan, sebelum berangkat aq sempetin maen2 ke tepi danau toba dan take some shots.

Hmmm, I wonder bisa ada danau segede ini dalam sebuah pulau. Dan di tengah danau itu juga ada pulau lagi, jadi judulnya pulau dalam pulau.

Ga sampe 15 menit aq menikmati pemandangan danau toba, teman2ku yang beda angkatan dan jaman (hehehe maap ya pak..) manggil n we’re ready for another journey, journey to pangaribuan….

Perjalanan dari Parapat-Pangaribuan jadi pengalaman buat aq, aq jadi tau daerah pedalaman indonesia yang jauh dari keramaian, terutama sejak dari daerah yang bernama siborong-borong, jalannya lumayan membuat qt shaking, banyak lobang n berbatu. Dari bukit satu ke bukit yang satu lagi, yup jalan menuju daerah pangaribuan memang berbukit dan lumayan curam. Sepanjang perjalanan sekurangnya aq liat ada 5 pasangan yang lagi ngadain acara pernikahan yang khas n kentel bgt budaya bataknya. Nyanyian, ulos, tarian dan bahasa yang pure batak abiess….hmmmm, Indonesia tanah air beta memang bnr2 negara yang kaya akan budaya dan suku bangsa. Di tengah2 perjalanan qt sempet turun dari mobil untuk ambil gambar, karena Subhanallah memang pemandangannya bagus bgt disana…..

Aq juga ngeliat lagi kuburan-kuburan megah di sepanjang jalan, anak-anak kecil polos berlarian tanpa alas kaki, mirip yang kaya biasanya ada di acara surat sahabat nya trans tv gt dey… Setelah 4 jam perjalanan yang cukup melelahkan akhirnya sampe juga qt di daerah pangaribuan di desa pakpahan…Jadi niy ternyata aq baru tau klo daerah pangaribuan di tapanuli utara itu terdiri dari beberapa perkampungan yang nama kampung itu dikasi nama sesuai dengan penduduk di kampung itu. Jadi misalnya ni nama kampungnya pakpahan brarti penduduk disitu adalah keturunan pakpahan.,,begitu kira2 yang dapat saya simpulkan (mohon maaf apabila ada kesalahan dalam membuat kesimpulan).anak-anak kecil disana jago bgt bahasa batak (ya iyalah secara dia orang batak) sempet sedikit belajar bahasa batak “isigorame” (maaf klo tulisan tidak sesuai eyd hehehe)yang artinya siapa namamu?. Ga lama qt mampir di rumah sodara dari tmn satu tim ku itu akhirnya qt kembali ke parapat untuk meneruskan rencana menengok samosir, hmmm lelah….sampe di hotel smpt nonton American idol sebentar, chikieze akhirnya harus pul juga….coz aq emang g doyan ma dia…akhirnya mata ku mulai ga bisa diajak kompromi….waktunya tidur…..